Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
video animasi materi siklus hidup hewan terhadap hasil belajar peserta didik
kelas IV. Penelitian ini dilakukan di MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya
Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
ialah pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan ialah One Shot Case Study.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.
Adapun jumlah sampel yang diteliti sebanyak 24 orang peserta didik, terdiri
atas 15 laki-laki dan 9 perempuan. Pada penelitian ini, pengumpulan data
dilakukan dengan memberikan soal posttest diseratai observasi kegiatan
pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan penggunaan video animasi pada materi
siklus hidup hewan di kelas IV MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya
termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 100%.
Hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan video animasi menunjukan
15 orang atau 63% yang merupakan sebagian besar nilainya mencapai KKM
dan 9 orang atau sekitar 37% yang nilainya belum mencapai KKM . Hal ini
berarti penggunaan media berupa video animasi sudah dapat digunakan
secara optimal dalam proses pembelajaran.
Analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukan nilai
t hitung 4,551 > t tabel 2,068 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Oleh karena itu dapat
ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan video animasi
terhadap hasil belajar materi siklus hidup hewan kelas IV MI Al-Raudhatul
Islamiyah Kubu Raya.