Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksaan model
pembejaran kooperatif tipe STAD pada tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1 di
kelas IV SDI Al-Aziz Kubu Raya tahun pelajaran 2020, 2) Hasil belajar Siswa
kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Aziz Kubu Raya pada tema 4 berbagai pekerjaan
sub tema 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 3) Apakah
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap
hasil belajar Siswa kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra-eksperimen, menggunakan
desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV
SDI Al-Aziz Kubu Raya pada semester ganjil sebanyak 25 orang siswa. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Statistik yang
digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini adalah statistic non
parametris dengan menggunakan uji mann whitney.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi tema 4 berbagai pekerjaan sub
tema 1 telah dilaksanakan dengan sangat baik yang diamati langsung oleh wali
kelas IV sebagai observer dan memiliki nilai persentase sebesar 92%. Langkah-
langkahnya dimulai dari guru mengucapkan salam sampai dengan pemberian soal
evaluasi posttest; 2) pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe
STAD pada kelas IV memiliki nilai rata-rata pretest 54.04 dan nilai rata-rata
posttest 83.92; 3) Terdapat pengaruh dalam pelaksanaan model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar tematik tema 4 berbagai pekerjaan
sub tema 1 kelas IV SDI Al-Aziz Kubu Raya tahun pelajaran 2020/2021. Karena
berdasarkan pengujian hipotesis non parametrik U Mann Whitney menggunakan
Software SPSS versi 20.0 diperoleh nilai Asymp Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari
0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan.