PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA 4 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI AL-AZIZ KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Lastasa, Maha
dc.contributor.author HIBATULLAH
dc.date.accessioned 2022-11-18T13:01:37Z
dc.date.available 2022-11-18T13:01:37Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1768
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksaan model pembejaran kooperatif tipe STAD pada tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1 di kelas IV SDI Al-Aziz Kubu Raya tahun pelajaran 2020, 2) Hasil belajar Siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Aziz Kubu Raya pada tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 3) Apakah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra-eksperimen, menggunakan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDI Al-Aziz Kubu Raya pada semester ganjil sebanyak 25 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini adalah statistic non parametris dengan menggunakan uji mann whitney. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1 telah dilaksanakan dengan sangat baik yang diamati langsung oleh wali kelas IV sebagai observer dan memiliki nilai persentase sebesar 92%. Langkah- langkahnya dimulai dari guru mengucapkan salam sampai dengan pemberian soal evaluasi posttest; 2) pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada kelas IV memiliki nilai rata-rata pretest 54.04 dan nilai rata-rata posttest 83.92; 3) Terdapat pengaruh dalam pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar tematik tema 4 berbagai pekerjaan sub tema 1 kelas IV SDI Al-Aziz Kubu Raya tahun pelajaran 2020/2021. Karena berdasarkan pengujian hipotesis non parametrik U Mann Whitney menggunakan Software SPSS versi 20.0 diperoleh nilai Asymp Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject model pembelajaran STAD en_US
dc.subject pelajaran Tematik en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA 4 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI AL-AZIZ KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account