Abstract:
Latar belakang penelitian adalah sangat kurangnya kemampuan siswa pada
pembelajaran matematika tentang konsep perkalian. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui; 1) Kemampuan siswa menyelesaikan soal materi perkalian
bilangan sampai tiga angka sebelum menggunakan media solitaire di kelas III; 2)
Penerapan media solitaire pada pembelajaran matematika materi perkalian
bilangan sampai tiga angka di kelas III; 3) Kemampuan siswa pada pembelajaran
matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka sesudah menggunakan
media solitaire di kelas III; dan 4) Peningkatan kemampuan siswa pada
pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka melalui
media solitaire di kelas III.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom
Action Research (CAR). Terdiri dari empat komponen, yaitu tahap perencanaan
(Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi
(Reflecting). Tindakan yang dilakukan dalam penelitian yaitu prasiklus, siklus 1
dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yaitu pretest, postest, observasi serta
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis instrumen
dan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIS RU
1 Parit Mas yaitu sebanyak 17 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat diketahui bahwa; 1)
Kemampuan siswa menyelesaikan soal materi perkalian bilangan sampai tiga
angka sebelum menggunakan media solitaire di kelas III dengan nilai rata-rata
61,18 (12%); 2) Penerapan media solitaire pada pembelajaran matematika materi
perkalian bilangan sampai tiga angka untuk kemampuan siswa di kelas III sangat
berguna untuk siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep perkalian; 3)
Kemampuan siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan
sampai tiga angka sesudah menggunakan media solitaire di kelas III mengalami
peningkatan dari prasiklus dengan nilai rata-rata 61,18 (12%) ke siklus 2 dengan
nilai rata-rata 80,00 (65%); 4) Peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran
matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka melalui media solitaire
di kelas III pada tindakan prasiklus dengan nilai rata-rata 61,18 (12%) kategori
kurang kemudian terjadi peningkatan pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 71,76
(41%) kategori kurang. Selanjutnya terdapat peningkatan lagi pada siklus 2
dengan nilai rata-rata 80,00 (65%) kategori cukup.