UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (MATERI PERKALIAN BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOLITAIRE DI KELAS III MISRU 1 PARIT MAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author ARMAH, FITRI
dc.date.accessioned 2022-11-18T10:56:45Z
dc.date.available 2022-11-18T10:56:45Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1765
dc.description.abstract Latar belakang penelitian adalah sangat kurangnya kemampuan siswa pada pembelajaran matematika tentang konsep perkalian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; 1) Kemampuan siswa menyelesaikan soal materi perkalian bilangan sampai tiga angka sebelum menggunakan media solitaire di kelas III; 2) Penerapan media solitaire pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka di kelas III; 3) Kemampuan siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka sesudah menggunakan media solitaire di kelas III; dan 4) Peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka melalui media solitaire di kelas III. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Terdiri dari empat komponen, yaitu tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (Reflecting). Tindakan yang dilakukan dalam penelitian yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yaitu pretest, postest, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis instrumen dan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIS RU 1 Parit Mas yaitu sebanyak 17 siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat diketahui bahwa; 1) Kemampuan siswa menyelesaikan soal materi perkalian bilangan sampai tiga angka sebelum menggunakan media solitaire di kelas III dengan nilai rata-rata 61,18 (12%); 2) Penerapan media solitaire pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka untuk kemampuan siswa di kelas III sangat berguna untuk siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep perkalian; 3) Kemampuan siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka sesudah menggunakan media solitaire di kelas III mengalami peningkatan dari prasiklus dengan nilai rata-rata 61,18 (12%) ke siklus 2 dengan nilai rata-rata 80,00 (65%); 4) Peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian bilangan sampai tiga angka melalui media solitaire di kelas III pada tindakan prasiklus dengan nilai rata-rata 61,18 (12%) kategori kurang kemudian terjadi peningkatan pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 71,76 (41%) kategori kurang. Selanjutnya terdapat peningkatan lagi pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 80,00 (65%) kategori cukup. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media pembelajaran en_US
dc.subject Solitaire en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (MATERI PERKALIAN BILANGAN SAMPAI TIGA ANGKA) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOLITAIRE DI KELAS III MISRU 1 PARIT MAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account