Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang
menarik sehingga sebagian besar peserta didik tidak memperhatikan penjelasan
dari guru karena penyampaian materi dilakukan dengan metode konvensional,
pembelajaran yang berlangsung masih di dominasi oleh aktivitas guru dan
penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, yaitu guru menggunakan
media papan tulis serta penggaris ketika mengajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen
semu (Quasi Eksperimen). Rancangan penelitian dalam penelitian ini yaitu
randomized control-group pretest-posttest design.
Analisis data yang digunakan oleh
peneliti yaitu uji normalitas, uji
homogenitas dan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian ini dapat
disimpulkan sebagai berikut, berdasarkan hasil analisis uji hipotesis independent
sampel t-tes menggunakan Software SPSS 23, dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed)
media kokami dan hasil belajar = 0.000 < 0.05 = Terdapat pengaruh media kokami
terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Pandan Sembuat Kecamatan
Tayan Hulu Kabupaten Sanggau.