Abstract:
Media digital merupakan suatu kemampuan untuk memahami dan
menggunakan informasi dari berbagai sumber digital. Permasalahan yang ada
pada siswa MI Mas’udi yaitu kurangnya menyambut baik sistem dan tekhnologi
digital dengan kemampuan dan ketrampilan yang memadai. Kurangnya
penggunaan mesin pencarian internet dalam mengakses informasi, pemahaman
yang kurang mengenai beredar internet, serta kurangnya menyusun pengetahuan
baru dengan informasi yang didapatkan melalui internet. Tujuan dari penelitian ini
adalah ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah penggunaan media digital
pada siswa MI Mas’udi Pontianak. Serta sarana dan prasarana pendukung
penggunaan media pembelajaran digital ini.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskritif. Analisis data hasil penelitian dilakukan setelah peneliti melakukan
wawancara mendalam terhadap guru IPS kelas V serta peralatan dokumentasi,
data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yaitu reduksi data,
dislay data, dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa:1). Bagaimana penggunaan
media digital oleh guru ips di kelas V MI Mas’udi yaitu dengan menggunakan
berbagai macam alat atau barang seperti laptop, in-focus dan papan tulis. 2).
Bagaimana sarana dan prasarana pendukung penggunaan media pembelajaran
digital oleh guru IPS, sarana dan prasarana pendukungnya yaitu dengan
memanfaatkan barang yang disediakan dari sekolah seperti buku paket, papan
tulis dan in-focus.