Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Keterampilan menulis cerita
dongeng di MIN 2 Pontianak Barat, Hal ini diketahui dari hasil pra-observasi serta
nilai yang diperoleh peserta didik dari hasil tes menulis cerita dongeng yang
dilakukan oleh wali kelas III E. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1)
Mendeskripsikan perencanaan peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng
sebelum menggunakan strategi poster comment pada pelajaran bahasa Indonesia
MIN 2 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Mendeskripsikan
pelaksanaan peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng sesudah
menggunakan strategi poster comment pada pelajaran bahasa Indonesia MIN 2
Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Mendeskripsikan hasil
peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng sesudah menggunakan strategi
poster comment pada pelajaran bahasa Indonesia MIN 2 Pontianak Barat Tahun
Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III E MIN
2 Pontianak Barat yang berjumlah 42 orang. Penelitian dilakukan menggunakan
model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari empat tahap dalam suatu siklus
meliputi:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah, (1) teknik observasi, (2)
teknik wawancara dan ((3) teknik dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah (1) Sebelum menggunakan strategi poster
comment diperoleh nilai rata-rata prasiklus sebesar 60,2 dengan katagori kurang.
Sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Hal ini
dilakukan untuk mencapai peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng yang
lebih baik dak maksimal. Ada pun strategi yang digunakan yaitu strategi poster
comment . (2) Pelaksanaan peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng
menggunakan strategi poster comment tahun ajaran 2021/2022 dalam penelitian
ini yang melakukan proses pembelajaran adalah peneliti dan berdasarkan lembar
observasi yang dilakukan oleh observer yaitu Ibu Samiah,bahwa kegiatan
pembelajaran telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah strategi poster
comment. (3) Peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng pada siklus I dan
siklus II menggunakan strategi poster comment pada pembelajaran Bahasa
Indonesia MIN 2 Pontianak Barat, terdapat peningkatan penerapan strategi poster
comment yaitu sebesar 12%.