PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA DONGENG MENGGUNAKAN STRATEGI POSTER COMMENT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MIN 2 PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author SARTIKA, DEWI
dc.date.accessioned 2022-11-18T09:18:53Z
dc.date.available 2022-11-18T09:18:53Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1761
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Keterampilan menulis cerita dongeng di MIN 2 Pontianak Barat, Hal ini diketahui dari hasil pra-observasi serta nilai yang diperoleh peserta didik dari hasil tes menulis cerita dongeng yang dilakukan oleh wali kelas III E. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan perencanaan peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng sebelum menggunakan strategi poster comment pada pelajaran bahasa Indonesia MIN 2 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng sesudah menggunakan strategi poster comment pada pelajaran bahasa Indonesia MIN 2 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng sesudah menggunakan strategi poster comment pada pelajaran bahasa Indonesia MIN 2 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III E MIN 2 Pontianak Barat yang berjumlah 42 orang. Penelitian dilakukan menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari empat tahap dalam suatu siklus meliputi:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah, (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara dan ((3) teknik dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) Sebelum menggunakan strategi poster comment diperoleh nilai rata-rata prasiklus sebesar 60,2 dengan katagori kurang. Sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Hal ini dilakukan untuk mencapai peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng yang lebih baik dak maksimal. Ada pun strategi yang digunakan yaitu strategi poster comment . (2) Pelaksanaan peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng menggunakan strategi poster comment tahun ajaran 2021/2022 dalam penelitian ini yang melakukan proses pembelajaran adalah peneliti dan berdasarkan lembar observasi yang dilakukan oleh observer yaitu Ibu Samiah,bahwa kegiatan pembelajaran telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah strategi poster comment. (3) Peningkatan keterampilan menulis cerita dongeng pada siklus I dan siklus II menggunakan strategi poster comment pada pembelajaran Bahasa Indonesia MIN 2 Pontianak Barat, terdapat peningkatan penerapan strategi poster comment yaitu sebesar 12%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Cerita Dongeng en_US
dc.subject Strategi Poster Comment en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA DONGENG MENGGUNAKAN STRATEGI POSTER COMMENT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MIN 2 PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account