Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa
pada pembelajaran matematika materi nilai tempat. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa menggunakan media
menipulatif pada pembelajaran matematika materi nilai tempat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain
penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggrat yang
terdiri dari beberapa tahapan, yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,
tahap observasi, dan tahap refleksi. Lokasi penelitian ini di Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Darussalam Kabupaten Kubu Raya. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas II MIS Darussalam yang berjumlah 11
orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik pengukuran,
observasi langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan
lembar pengamatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes
formatif untuk siswa.
Pelaksanaan pada penelitian ini dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus.
Berdasarkan analisis data menunjukkan: hasil penelitian dalam pelaksanaan
pembelajaran pada pembelajaran matematika materi nilai tempat
menggunakan media manipulatif pada siklus I dengan rata-rata sebesar 3,26,
pada siklus II rata-rata sebesar 4,00 dengan peningkatan sebesar 0,74.
Sedangkan analisis data hasil belajar siswa menunjukkan: pada pra
penelitian hasil belajar siswa memiliki rata-rata sebesar 52,72 termasuk
dalam kategori sangat kurang baik, mengalami peningkatan sebesar 12,28
menjadi 65,00 termasuk kategori cukup baik pada siklus I, dan pada siklus
II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi sebesar 13,63 menjadi
78, 63.