Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image (citra merek)
terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mega Syariah. Penelitian ini dilakukan pada
tahun 2020 di PT Bank Mega Syariah Cabang Pontianak. Populasi penelitian
adalah nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Pontianak. Sampel penelitian
berjumlah 100 nasabah PT Bank Mega Syariah Cabang Pontianak. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan
menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik
analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis dengan uji F
dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image (Citra Merek)
dengan dimensi Citra Perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan dan dengan
arah positif terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan Brand Image (Citra Merek)
dengan dimensi Citra Pemakai dan Citra Produk berpengaruh signifikan dan
dengan arah positif terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan analisis secara parsial
bahwa tidak semua dimensi dari variabel independen Brand Image (Citra Merek)
yaitu Citra Perusahaan, Citra Pemakai, Citra Produk berpengaruh secara parsial
terhadap variabel dependen yaitu loyalitas nasabah.