Abstract:
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang belum diketahuinya
secara keseluruhan mengenai Upaya Guru Agama Dalam Penanaman Nilai-
Nilai Toleransi Beragama di Sekolah dengan Studi Kasus Siswa Kelas XII
TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK Citra Borneo Sungai
Ambawang Kabupaten Kubu Raya 2022. Tujuan dari penelitian ini di
antaranya yakni: 1). Untuk mengetahui pandangan guru dan siswa terhadap
nilai-nilai toleransi pada siswa SMK Citra Borneo. 2). Untuk mengetahui
penanaman toleransi beragama di SMK Citra Borneo. 3). Untuk mengetahui
penerimaan siswa XII TKJ terhadap toleransi beragama di SMK Citra
Borneo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah fenomenologi
dengan teknik yang digunakan adalah wawancara secara mendalam atau
disebut dengan probing. Sumber data penelitian terdiri dari wawancara serta
observasi (sumber primer), dan dokumentasi (sumber sekunder).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa 1). Semua guru agama dan siswa memiliki pendapat yang sama
bahwa toleransi beragama adalah saling menghormati dan menghargai
keberadaan agama lain. 2). Upaya guru agama untuk menanamkan nilai-
nilai toleransi beragama adalah dengan metode penyampaian, pembiasaan,
menegur siswa secara spontan, dan selalu mengingatkan nilai toleransi
kepada siswa. Seperti menanamkan pemahaman kepada siswa untuk saling
menghargai dengan cara selalu mengingatkan dan menegur siswa yang
salah, baik di jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran, guru agama Islam
menghimbau kepada siswa untuk saling mengingatkan dalam hal ibadah
dengan cara menyampaikan kepada siswa nonmuslim agar perduli kepada
temanya yang muslim, guru agama Kristen menanamkan kepercayaan
secara benar di dalam agama Kristen dengan cara menyampaikan materi
sesuai buku ajar dan alkitab.