Abstract:
Berdasarkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi
hubungan masyarakat dalam membangun citra perusahaan (studi pada PT.
Rezeki Kencana Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya). Adapun
sub fokus penelitian ini yaitu: Bagaiamana strategi hubungan masyarakat
PT. Rezeki Kencana Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya
dalam membangun citra perusahaan dan apa faktor pendukung dan
penghambat pada pelaksanaan strategi hubungan masyarakat PT. Rezeki
Kencana Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya dalam
membangun citra perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisi data, peneliti
menggunakan analisis data interaktif yang dilakukan dengan empat tahapan
yakni, pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi atau
menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data, peneliti
menggunakan teknik triangulasi, kecukuoan referensi dan auditing.
Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan bahwa Strategi
Hubungan Masyarakat (Studi Pada PT. Rezeki Kencana Kecamatan Teluk
Pakedai Kabupaten Kubu Raya) ada dua komponen strategi hubungan
masyarakat yaitu, komponen sasaran yang meliputi: website group
perusahaan, email perusahaan, spanduk dan mulut ke mulut. Komponen
sarana yang meliputi pencegahan, negosiasi dan kristaliasi. Kemudian tidak
melupakan proses didalam perecanaan strategi seperti fact finding, planning,
communication dan evaluation. Adapun faktor pendukungnya adalah
sumber daya manusia, manajemen keuangan perusahaan, dan media
relation. Kemudian faktor penghambat seperti faktor politik dan
keterbatasan fasilitas media publikasi.