Abstract:
Diantara faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen
kosmetik online shop di Pontianak yaitu promosi online dan celebrity endorser.
Tujuan Penelitian ini ialah untuk: (1) Untuk menganalisis pengaruh promosi
online secara parsial terhadap minat beli konsumen terhadap produk kosmetik
online shop di Pontianak. (2) Untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser
secara parsial terhadap minat beli konsumen terhadap produk kosmetik online
shop di Pontianak. (3) Untuk menganalisis pengaruh promosi online dan celebrity
endorser secara simultan terhadap minat beli konsumen terhadap produk kosmetik
online shop di Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.
Populasi yang digunakan adalah menggunakan sampel dari populasi yang tidak
diketahui. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan
menggunakan SPSS.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Secara parsial terdapat pengaruh
yang signifikan antara variabel iklan online terhadap minat membeli produk
kosmetik Hits Shop Pontianak, Secara parsial celebrity endorser berpengaruh
signifikan terhadap minat membeli produk kosmetik Hits Shop Pontianak, Iklan
online dan Celebrity Endorser secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
minat membeli produk kosmetik Hits Shop Pontianak, dan dari kedua variabel
bebas yang digunakan dalam penelitian ini, iklan online memiliki pengaruh yang
paling dominan terhadap minat calon konsumen untuk membeli produk kosmetik
Hits Shop Pontianak.