Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Materi Karakteristik Tempat Hidup Hewan Dan Ciri-ciri Khusus Hewan Di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Syafitri, Anni
dc.date.accessioned 2021-03-22T06:58:33Z
dc.date.available 2021-03-22T06:58:33Z
dc.date.issued 2019-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/86
dc.description.abstract Penelitian ini disusun berdasarkan rasa ingin tahu peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dan pembelajaran secara konvensional sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA materi karakteristik tempat hidup hewan dan ciri-ciri khusus hewan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bentuk penelitian quasi experimental design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pontianak yang berjumlah 68 peserta didik yang terdiri dari dua kelas, kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes pilihan ganda. Setelah diperoleh data, kemudian data tersebut diolah dengan uji non parametrik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA materi karakteristik tempat hidup hewan dan ciri-ciri khusus hewan kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019 berada pada katagori sangat baik yaitu dengan rentang 3,20-4.00 dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA materi karakteristik tempat hidup dan ciri-ciri khusus hewan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019, pada saat melakukan pretest kelas eksperimen memperoleh mean sebesar 61,39 dengan persentase ketuntasan 13,89% yang berada pada katagori sangat rendah. Pada saat posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan memperoleh mean sebesar 82,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,56% yang berada pada katagori tinggi. Sedangkan Hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019, pada saat melakukan pretest kelas kontrol memperoleh mean sebesar 61,25 dengan persentase ketuntasan 18,75% yang berada pada katagori sangat rendah. Pada saat posttest kelas kontrol mengalami sedikit peningkatan dengan memperoleh mean sebesar 76,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 53,13% yang berada pada katagori rendah. Memiliki pengaruh yang signifikan dilihat dari perhitungan dengan SPSS Statistics17 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dengan besar pengaruh 71%. Jadi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA materi karakteristik tempathidup hewan dan ciri-ciri khusus hewan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Mind Mapping dan Hasil Belajar en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran id
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject Hasil Belajar id
dc.title Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Materi Karakteristik Tempat Hidup Hewan Dan Ciri-ciri Khusus Hewan Di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account