Abstract:
Penelitian ini disusun berdasarkan rasa ingin tahu peneliti terhadap
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dan
pembelajaran secara konvensional sehingga berdampak pada hasil belajar peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi
pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada
mata pelajaran IPA materi karakteristik tempat hidup hewan dan ciri-ciri khusus
hewan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan
hasil penelitian terdahulu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan bentuk penelitian quasi experimental design. Adapun yang menjadi
populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1
Pontianak yang berjumlah 68 peserta didik yang terdiri dari dua kelas, kelas IV A
sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas IV B sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Untuk memperoleh data,
peneliti menggunakan tes pilihan ganda. Setelah diperoleh data, kemudian data
tersebut diolah dengan uji non parametrik.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penggunaan
strategi pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA materi karakteristik
tempat hidup hewan dan ciri-ciri khusus hewan kelas IV di SD Muhammadiyah 1
Pontianak tahun ajaran 2018/2019 berada pada katagori sangat baik yaitu dengan
rentang 3,20-4.00 dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA
materi karakteristik tempat hidup dan ciri-ciri khusus hewan di SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019, pada saat melakukan pretest
kelas eksperimen memperoleh mean sebesar 61,39 dengan persentase ketuntasan
13,89% yang berada pada katagori sangat rendah. Pada saat posttest kelas
eksperimen mengalami peningkatan dengan memperoleh mean sebesar 82,5
dengan persentase ketuntasan sebesar 80,56% yang berada pada katagori tinggi.
Sedangkan Hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2018/2019, pada saat melakukan pretest
kelas kontrol memperoleh mean sebesar 61,25 dengan persentase ketuntasan
18,75% yang berada pada katagori sangat rendah. Pada saat posttest kelas kontrol
mengalami sedikit peningkatan dengan memperoleh mean sebesar 76,25 dengan
persentase ketuntasan sebesar 53,13% yang berada pada katagori rendah.
Memiliki pengaruh yang signifikan dilihat dari perhitungan dengan SPSS
Statistics17 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima
dengan besar pengaruh 71%. Jadi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil
belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA materi karakteristik tempathidup hewan dan ciri-ciri khusus hewan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Mind Mapping dan Hasil Belajar