Penggunaaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pendek Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Ambawang

Show simple item record

dc.contributor.author Khoiroh, Eni Miftahul
dc.date.accessioned 2021-03-22T06:43:43Z
dc.date.available 2021-03-22T06:43:43Z
dc.date.issued 2019-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/84
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam bercerita pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita pendek peserta didik kelas IV menggunakan media Pop Up Book di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Ambawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini siswa dan guru. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan, observasi dan dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah lembar penilaian, lembar observasi siswa dan guru. Analisis data dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan rumus mean dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil kemampuan bercerita pendek sebelum menggunakan media pop up book terlihat dari 9 siswa yang tidak tuntas 6 siswa dengan nilai rata-rata 220 atau 55,56%, sedangkan yang tuntas 3 siswa 72,5 atau 44,44% dengan rata-rata kelas 56,67 kategori cukup. 2) Hasil kemampuan bercerita pendek sesudah menggunakan media pop up book bercerita pendek pada siklus I terlihat dari 9 siswa yang belum tuntas 3 siswa dengan nilai rata-rata 50 atau 22,22%, sedangkan yang tuntas 6 siswa dengan nilai rata-rata 72,86 siswa atau 77,78% dengan ratarata kelas 67,78 kategori baik. 3) Mengalami peningkatan pada siklus II dari 9 siswa yang tuntas yaitu 100% (9 siswa) sedangkan yang tidak tuntas yaitu 0% (nol) dengan nilai rata-rata 83,33 dengan kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah yang signifikan dengan menggunakan media Pop Up Book dan dapat meningkatkan kemampuan bercerita pendek dengan menggunakan media Pop Up Book kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Ambawang. Kata Kunci: Kemampuan Bercerita Pendek, Media Pop Up Book. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita id
dc.subject Media Pop Up Book id
dc.title Penggunaaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pendek Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sungai Ambawang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account