Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Team Asisted Individualization Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 3 Segedong Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khairunnisa
dc.date.accessioned 2021-03-22T03:43:21Z
dc.date.available 2021-03-22T03:43:21Z
dc.date.issued 2018-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/82
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang tidak berjalan dengan baik, rendahnya hasil belajar peserta didik, banyak siswa yang tidak antusias terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pembelajaran yang bersifat monoton yang hanya menggunakan modelmodel umum(ceramah dan tanya jawab) saja, sehingga kurang mampu membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran didalam kelas hanya berpusat pada guru sehingga peserta didik hanya menjadi objek pembelajaran, guru asyik menjelaskan materi pelajaran sementara peserta didik dibangku juga asyik dengan kegitannya sendiri, melamun, mengobrol bahkan mengantuk. Kondisi diatas jelas tidak mendukung pengembangan potensi diri peserta didik dalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik juga tidak optimal. Tujuan penelitian disini adalah untuk mengetaui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran team asisted individualization, 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran team asisted individualization, 3) Peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Team Asisted Individualization. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas yang pada hakikatnya adalah rangkaian riset tindakan yang dilakukan secara siklus dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Hasil penelitian dapat menyimpulkan 1) hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum menggunakan model pembelajaran Team Asisted Individualizationdengan rata-rata 64,11, 2) hasil belajar siklus I pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah menggunakan model pembelajaran Team Asisted Individualization dengan rata-rata 69,81, 3) terdapat peningkatan hasil belajar siklus II pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Team Asisted Individualization dengan rata-rata 72,70. Kata kunci : Model Team Asisted Individualization, dan Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Team Asisted Individualization en_US
dc.subject Hasil Belajar id
dc.title Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Team Asisted Individualization Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 3 Segedong Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account