Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang tidak
berjalan dengan baik, rendahnya hasil belajar peserta didik, banyak siswa
yang tidak antusias terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,
pembelajaran yang bersifat monoton yang hanya menggunakan modelmodel umum(ceramah dan tanya jawab) saja, sehingga kurang mampu
membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran
didalam kelas hanya berpusat pada guru sehingga peserta didik hanya
menjadi objek pembelajaran, guru asyik menjelaskan materi pelajaran
sementara peserta didik dibangku juga asyik dengan kegitannya sendiri,
melamun, mengobrol bahkan mengantuk. Kondisi diatas jelas tidak
mendukung pengembangan potensi diri peserta didik dalam pembelajaran
sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik juga tidak optimal.
Tujuan penelitian disini adalah untuk mengetaui: 1) Hasil belajar siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran team asisted individualization,
2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran team
asisted individualization, 3) Peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah
menggunakan model pembelajaran Team Asisted Individualization.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelas adalah Penelitian yang dilaksanakan oleh guru
didalam kelas yang pada hakikatnya adalah rangkaian riset tindakan yang
dilakukan secara siklus dalam rangka memecahkan masalah, sampai
masalah itu terpecahkan.
Hasil penelitian dapat menyimpulkan 1) hasil belajar pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum menggunakan model
pembelajaran Team Asisted Individualizationdengan rata-rata 64,11, 2) hasil
belajar siklus I pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah
menggunakan model pembelajaran Team Asisted Individualization dengan
rata-rata 69,81, 3) terdapat peningkatan hasil belajar siklus II pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model
pembelajaran Team Asisted Individualization dengan rata-rata 72,70.
Kata kunci : Model Team Asisted Individualization, dan Hasil Belajar.