FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI DARUL HUDA PADANG TIKAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author ARMITA ARAHMAH, TIKA
dc.date.accessioned 2022-06-24T14:44:09Z
dc.date.available 2022-06-24T14:44:09Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/804
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan peserta didik di kelas V, mengetahui signifikansi pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap Kesulitan peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V, dan mengetahui perbedaan besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap Kesulitan peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik di kelas V. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif. Penelitian menggunakan populasi kelas atau populasi target, karena sampel yang diambil seluruh peserta didik di kelas V yakni sebanyak 34 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal kesulitan peserta didik. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung menggunakan angket, dokumen menggunakan data-data sekolah, dan wawancara tidak struktur menggunakan tape recorder. Teknik validitas dan reabilitas angket menggunakan Uji CVR dan Uji Alpha Cronbach. Sedangkan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam mata pelajaran matematika materi pecahan data dianalisis dengan deskriptif persentase. Dan untuk mengetahui pengaruh data dianalisis secara statistik melaui teknik analisis regresi sederhana menggunakan SPSS versi 18. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa; (1) kesulitan belajar mata pelajaran matematika materi pecahan terdiri dari (a) kesulitan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan sebesar 25% kategori sangat rendah, (b) kesulitan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan sebesar 38% kategori sangat rendah; (2) Faktor internal berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kesulitan belajar mata pelajaran matematika materi pecahan dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 yang terdiri dari aspek psikologis sebesar 28% dan aspek fisiologis sebesar 60%; (3) Faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kesulitan belajar mata pelajaran matematika materi pecahan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 yang terdiri dari aspek lingkungan keluarga sebesar 39%, aspek lingkungan masyarakat 46% dan aspek lingkungan sekolah sebesar 57%; en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kesulitan Belajar en_US
dc.subject Pelajaran Matematika id
dc.subject Teknik Validitas id
dc.subject Alpha Cronbach id
dc.subject SPSS id
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI DARUL HUDA PADANG TIKAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account