MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 MATERI CUACA DI KELAS III MIS RAUDLATUL ULUM 1 PARIT MAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author NURTINI, DESI
dc.date.accessioned 2022-06-24T13:50:22Z
dc.date.available 2022-06-24T13:50:22Z
dc.date.issued 2021-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/802
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa sebelum menggunakan media Diorama pada siswa kelas III MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 2) Untuk mengetahui penerapan menggunakan media Diorama untuk meningkatkan kemampuan bercerita dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas III MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 3) Untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa sesudah menggunakan media Diorama dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas III MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 4) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita sesudah menggunakan media Diorama dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas III MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. Metode Penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi dan tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, pengukuran dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) kemampuan bercerita siswa sebelum menggunakan media diorama menunjukan bahwa untuk tahap awal tergolong rendah yakni sebanyak 15 orang siswa 83,33% memiliki nilai di bawah KKM yang telah ditentukan. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 3 orang siswa 16,67%. Rata-rata kelas menunjukan bahwa hasil tes kemampuan bercerita siswa masih rendah yakni sebesar 59,27 dengan nilai KKM sebesar 70. 2) Penerapan pembelajaran kemampuan bercerita dikategorikan sangat baik. 3) Kemampuan bercerita setelah menggunakan media diorama menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata kemampuan bercerita siswa secara klasikal 67,78 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 44,44%, pada siklus II rata-rata kemampuan bercerita secara klasikal 81,83 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 100%. 4) Terdapat peningkatan kemampuan bercerita menggunakan media diorama dari 44,44% menjadi 100% selisih peningkatannya sebesar 55,56%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita, Media Diorama en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 MATERI CUACA DI KELAS III MIS RAUDLATUL ULUM 1 PARIT MAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account