PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 DAN 2 MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK FABEL PADA SISWA KELAS III E MIN 2 PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Aprilina, Desy
dc.date.accessioned 2022-06-24T08:10:13Z
dc.date.available 2022-06-24T08:10:13Z
dc.date.issued 2020-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/798
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pada siswa dan guru dalam proses pembelajaran hanya mengunakan metode ceramah, sehigga hal ini mempengaruhi keterampilan membaca pada siswa tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keterampilan membaca dalam pemelajaran tematik sebelum menggunakan media komik fabel pada siswa kelas III E MIN II Pontianak Barat. 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik menggunakan media komik fabel pada siswa kelas III E MIN II Pontianak Barat. 3) Untuk mengetahui keterampilan membaca dalam pemelajaran tematik sesudah menggunakan media komik fabel pada siswa kelas III E MIN II Pontianak Barat. 4) Untuk mengetahui peningkatan yang signifikan ketermpilan membaca dalam pembelajaran tematik sebelum dan sesudah menggunakan media komik fabel pada siswa kelas III E MIN II Pontianak Barat. Metode penelitan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan. 3) pengamatan, 4) refleksi dan tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Kemudian data dianalisi dengan cara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan media komik fabel menunjukkan bahwa untuk tahap awal tergolong rendah yakni sebanyak 24 orang siswa 55,81% memiliki nilai di bawah KKM yang telah ditentukan. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 19 orang siswa 44,18%. Rata-rata kelas menunjukkan bahwa hasil tes keterampilan membaca siswa masih rendah yakni sebesar 68,18 Dengan nilai KKM sebesar 70. 2) Penerapan pembelajaran keterampilan membaca menggunakan media komik fabel dikategorikan sangat baik. 3) Keterampilan membaca siswa sesudah menggunakan media komik fabel menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata hasil tes keterampilan membaca secara klasikal sebesar 74,88 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 67,44 %, pada siklus II rata-rata hasil tes keterampilan membaca siswa secara klasikal sebesar 83,39 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 93,02%. 4) peningkatan siswa yang mencapai KKM dari 44,18 % menjadi 93,02%. selisih peningktannya sebesar 48,84% adanya peningkatan dari pra tindakan sampai dengan siklus II menunjukkan bahwa dengan menggunakaan media komik fabel dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject keterampilan membaca, media komik fabel. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 DAN 2 MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK FABEL PADA SISWA KELAS III E MIN 2 PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account