Peningkatan Aktivitas Visual Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Karlina, Neri
dc.date.accessioned 2021-03-22T01:54:46Z
dc.date.available 2021-03-22T01:54:46Z
dc.date.issued 2019-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/78
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana aktivitas visual peserta didik sebelum menggunakan media Pop Up Book Pembelajaran Tematik Kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Bagaimana penerapam media Pop Up Book Pembelajaran Tematik Kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (3) Bagaimana aktivitas visual peserta didik sesudah menggunakan media Pop Up Book Pembelajaran Tematik Kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (4) Bagaimana peningkatan aktivitas visual peserta didik setelah menggunakan Media Pop Up Book kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas, sumber data penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman dan lembar observasi,wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis yang dilakukannya, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pencapaian aktivitas visual peserta didik kelas V/A sebelum menggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik, bahwa rata-rata keseluruhan peserta didik pada pra siklus yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 48,8 % dengan kategori cukup. (2) Penerapan media Pop Up Book untuk meningkatkan aktivitas visual dalam penelitian ini yang melaksanakan proses pembelajaran adalah guru Ibu Rukiah,S.Pd.I selaku guru yang mengajar kelas V/A dan peneliti sebagai Observer berdasarkan lembar observasi dan wawancara. (3) Pencapaian nilai aktivitas visual peserta didik pada saat menggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik, pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 74,4 % dengan kategori baik. Pada siklus II memperoleh sebesar 89,6% dengan kategori sangat baik. (4) Terdapat peningkatan visual antara data pra siklus hingga siklus II sebesar 40,8% sedangkan siklus I hingga siklus II sebesar 40,8%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar visual, Media Pop Up Book, Pembelajaran Tematik. en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas Belajar id
dc.subject Media Pop Up Book en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik id
dc.title Peningkatan Aktivitas Visual Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account