Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana
aktivitas visual peserta didik sebelum menggunakan media Pop Up Book
Pembelajaran Tematik Kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama
III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Bagaimana penerapam media
Pop Up Book Pembelajaran Tematik Kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (3) Bagaimana
aktivitas visual peserta didik sesudah menggunakan media Pop Up Book
Pembelajaran Tematik Kelas V/A di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama
III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (4) Bagaimana peningkatan
aktivitas visual peserta didik setelah menggunakan Media Pop Up Book kelas V/A
di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran
2019/2020.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan jenis penelitian
tindakan kelas, sumber data penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman dan lembar
observasi,wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis yang dilakukannya, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: (1) Pencapaian aktivitas visual peserta didik kelas V/A sebelum
menggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik, bahwa rata-rata
keseluruhan peserta didik pada pra siklus yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 48,8
% dengan kategori cukup. (2) Penerapan media Pop Up Book untuk meningkatkan
aktivitas visual dalam penelitian ini yang melaksanakan proses pembelajaran
adalah guru Ibu Rukiah,S.Pd.I selaku guru yang mengajar kelas V/A dan peneliti
sebagai Observer berdasarkan lembar observasi dan wawancara. (3) Pencapaian
nilai aktivitas visual peserta didik pada saat menggunakan media Pop Up Book
pada pembelajaran tematik, pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 74,4 %
dengan kategori baik. Pada siklus II memperoleh sebesar 89,6% dengan kategori
sangat baik. (4) Terdapat peningkatan visual antara data pra siklus hingga siklus II
sebesar 40,8% sedangkan siklus I hingga siklus II sebesar 40,8%.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar visual, Media Pop Up Book, Pembelajaran
Tematik.