Abstract:
Ridhowati Analistiyani, Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV SD Negeri 25 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024; Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi mind mapping pada muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV SD Negeri 25 Pontianak Utara, 2) langkah-langkah dalam penerapan strategi mind mapping pada peserta didik muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV SD Negeri 25 Pontianak Utara, 3) penerapan strategi mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV SD Negeri 25 Pontianak Utara, 4) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan strategi mind mapping pada muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV SD Negeri 25 Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Adanya sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA berjumlah 25 orang. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 25 Pontianak Utara. Teknik yang digunakan yaitu test, observasi dan dokumentasi serta alat pengumpulan data yang digunakan test, lembar observasi, dan dokumentasi (smartphone).
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi mind mapping pada muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV dengan nilai rata-rata 44,2 dan persentase ketuntasan 20%. 2) Langkah-langkah strategi mind mapping pada muatan IPA materi bunyikelas IV telah terlaksana dengan baik yaitu 100%. 3) hasil belajar peserta didik setelah penerapan strategi mind mapping pada muatan IPA Materi Bunyi di kelas IV pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,8 dan persentase ketuntasan 56% dan di siklus II memperoleh nilai rata-rata 83 dan persentase 100%. Temuan ini menunjukkan bahwa Mind Mapping tidak hanya membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, tetapi juga meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan.