Implementasi Program Adiwiyata di SDN 27 Pontianak Timur: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2020 M/1441 H

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Nia
dc.date.accessioned 2021-03-22T01:46:08Z
dc.date.available 2021-03-22T01:46:08Z
dc.date.issued 2020-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/77
dc.description.abstract Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketertarikan peneliti mengenai SDN 27 Pontianak Timur sebagai penyelenggara program Adiwiyata yang di nilai telah mampu mengaktualisasikan pada semua aspek kegiatan di sekolah. Programprogram tersebut merupakan wujud dari kerja sama yang dilakukan sekolah dalam pelaksanaan program Adiwiyata yang menjadi ciri khas sekolah tersebut berbeda dan bahkan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional pada Tahun 2018. Dengan demikian pelaksanaan program Adiwiyata di SDN 27 Pontianak Timur bisa menjadi contoh bagi sekolah lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana perencanaan program Adiwiyata (2) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan program Adiwiyata di SDN 27 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Informan penelitian ini adalah Tim Adiwiyata, Kepala Sekolah, dan Guru. Lokasi penelitian ini di SDN 27 Pontianak Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman wawancara, instrumen pedoman observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman melalui tahap pengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan program adiwiyata dimulai dengan rapat penentuan rancangan visi misi dan pengembangan empat komponen program Adiwiyata dan membuat anggaran program Adiwiyata 20% dari anggaran besar sekolah. (2) Pelaksanaan program adiwiyata dilakukan dengan sosialisasi kepada warga sekolah, penyisipan wawasan lingkungan ke dalam setiap mata pelajaran dan pembuatan tatib sekolah yang ramah lingkungan. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan dilakukan dengan mengintegrasikan materi wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran, melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan bagi siswa, dan menghemat energi serta air. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dilaksanakan melalui berbagai aksi lingkungan yang diselenggarakan dari sekolah berupa jum’at bersih, piket kelas, lomba kebersihan kelas, pemanfaatan lahan sekolah, memperingati kalender lingkungan hidup, dan menggembangkan kegiatan ekstrakurikuler. Sarana prasarana ramah lingkungan dengan memanfaatkan green house, lubang biopori, tempat sampah, taman/kebun/hutan, dan kolam ikan lele sebagai sarana belajar siswa di sekolah. Kata Kunci: Implementasi Program Adiwiyata en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Implementasi Program Adiwiyata en_US
dc.subject Lingkungan Hidup id
dc.title Implementasi Program Adiwiyata di SDN 27 Pontianak Timur: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2020 M/1441 H en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account