Abstract:
Fitriana, 2025. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Peserta didikPada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di MIS Assalam Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025
Tujuan Penelitian ini untuk memaparkan: 1) Menganalisis kecerdasan emosional peserta didikkelas tinggi di MIS Assalam Pontianak Timur. 2) Menganalisis hasil belajar peserta didikpada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas tinggi di MIS Assalam Pontianak Timur. 3) Menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kelas tinggi di Mis Assalam Pontianak Timur.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas IV, V, dan VI MIS Assalam Pontianak Timur yang berjumlah 66 peserta didik dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel penelitian (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kecerdasan emosional dan dokumentasi nilai untuk mengetahui hasil belajar. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 9,951 > t-tabel 1,990. Nilai koefisien regresi sebesar 0,622 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan kecerdasan emosional akan diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata skor kecerdasan emosional berada pada kategori sangat baik (84,09%) dan hasil belajar juga berada pada kategori sangat baik (87,08%). Temuan ini menegaskan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional peserta didik, semakin tinggi pula hasil belajar mereka. Oleh karena itu, pengembangan kecerdasan emosional perlu menjadi perhatian dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.