Abstract:
Adinda Febriza Ponti. “Penerapan strategi true or false untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pembelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya di MIS Bawari Pontianak Kota”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang ditemukan pada saat observasi pembelajaran masih berpusan pada guru dan memperoleh data dari ulangan harian. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk memaparkan: 1) Hasil belajar IPAS peserta didik sebelum diterapkan strategi true or false MIS Bawari Pontianak Kota 2) Langkah-langkah Penerapan Strategi true or false dalam pembelajaran IPAS 3) Hasil belajar IPAS peserta didik pada saat diterapkan strategi true or false 4) Peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik dengan menggunakan strategi true or false.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalan dua siklus. Setiap siklus dilakuakn dalam satau hari. Teknik pengumpulan data yakni tes untuk mengukur keterampilan dan penegtahuan, observasi untuk mengamati proses pemeblajaran, dan dokumentasi . Alat penegumpulan data berupa soal penyataan dengan pilihan benar dan salah, lembar observasi dan pedoman dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPAS peserta didik sebelum diterapkan startegi true or false kelas IV di MIS Bawari Pontianak Kota hanya mencapai 32% dengan kategori kurang baik. Adapun langkah-langkah penerapan true or false yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan soal pernyataan dengan pilihan benar dan salah beserta alasannya. berikan waktu yang cukup agar peserta dapat membaca dan mempertimbangkan setiap pernyataan dengan cermat. Terakhir, lakukan evaluasi hasil untuk mengukur pemahaman dan membahas setiap jawaban agar peserta mendapatkan penjelasan yang memperkuat pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada saat diterapkan startegi true or false kelas IV di MIS Bawari Pontianak Kota pada siklus I mencapai 73% dengan kategori baik dan pada siklus II mencapai 100% dengan kategori sangat baik. Peningktan hasil belajar peserta didik pada saat pengguanaan startegi true or false sebesar 68%. Setelah diperoleh data yang dihitung menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada peserta didik.