PENERAPAN STRATEGI INQUIRY DENGAN MEDIA COUNTING BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN KELAS I SDN 36 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author KURNIASARI, AMELIA TRI
dc.date.accessioned 2025-08-25T04:16:26Z
dc.date.available 2025-08-25T04:16:26Z
dc.date.issued 2025-07-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7504
dc.description.abstract AMELIA TRI KURNIASARI, Penerapan Strategi Inquiry Dengan Media Counting Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Kelas I SD Negeri 36 Pontianak Kota. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung permulaan peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk memaparkan kemampuan berhitung permulaan peserta didik kelas I sebelum diterapkan strategi inquiry dengan media counting box; (2) Untuk mendeskripsikan proses penerapan strategi inquiry dengan media counting box untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan peserta didik kelas I dan (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan peserta didik kelas I setelah diterapkan strategi inquiry dengan media counting box. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian tindakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas I A SD Negeri 36 Pontianak Kota yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif rata-rata (mean) dan persentase. Indikator keberhasilan rata-rata mencapai kriteria ketuntasan minimal 70 dan persentase ketuntasan mencapai ≥ 75 %. Dari hasil pengamatan dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Sebelum dilakukan tindakan rata-rata kemampuan berhitung permulaan peserta didik yaitu 59,28 dengan persentase ketuntasan 21,4 % ; (2) Penerapan strategi inquiry dengan media counting box dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II telah terlaksana 100 % ; (3) Setelah dilakukan tindakan menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berhitung permulaan peserta didik meningkat menjadi 94,28 dengan persentase ketuntasan yaitu 93 % dan pada siklus II meningkat menjadi 95 dengan persentase ketuntasan mencapai 100 %. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Inquiry en_US
dc.subject Kemampuan Berhitung Permulaan en_US
dc.subject Media Counting Box en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI INQUIRY DENGAN MEDIA COUNTING BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN KELAS I SDN 36 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account