Abstract:
BERLIAN PUJA KURNIAWATI (12110065). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPAS di MIN 1 Pontianak. Progran Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan 1) keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran RADEC pada mapel IPAS di kelas V MIN 1 Pontianak. 2) keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran RADEC pada mapel IPAS di kelas V MIN 1 Pontianak. 3) pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V pada mapel IPAS di MIN 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 40 peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 40 peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji analisis instrumen, analisis deskriftif, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran RADEC pada mapel IPAS materi sifat-sifat cahaya di kelas kontrol dengan rata-rata pre-test sebesar 73 dan nilai rata-rata post-test sebesar 67. 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RADEC pada mapel IPAS materi sifat-sifat cahaya di kelas eksperimen dengan rata-rata pre-test sebesar 62,25 dan nilai rata-rata post-test sebesar 80,00. 3) Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga, terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di MIN 1 Pontianak.