Abstract:
Azka Milati Qonita: Pengaruh Strategi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap Literasi Sains Materi Ekosistem Murid Kelas 5 SDN 44 Pontianak Barat. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
STEAM merupakan strategi yang sangat populer saat ini dikarenakan kemampuannya dalam memfasilitasi murid untuk memahami pelajaran dan memecahkan masalah secara kreatif. Penelitian ini bertujuan \untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan strategi STEAM terhadap literasi sains murid materi ekosistem kelas 5 di SDN 44 Pontianak Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain Quassy Eksperiment dengan jenis pretest-posttest control group design, dengan sampel sebanyak 54 murid. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik rondom sampling. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan analisis instrumen, uji prsayarat, uji hipotesis dan uji effect size.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Rata-rata penerapan strategi STEAM terhadap literasi sains di kelas kontrol pada nilai pretest 42,08 (rendah), dan nilai postest 57,09 (cukup). 2) Rata-rata penerapan strategi STEAM terhadap literasi sains di kelas eksperimen pada nilai pretest 49,02 (rendah), dan nilai postest 83,23 (tinggi). 3) penerapan strategi telah sesuai capaian pembelajaran. 4) Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai sig sebesar 0,001 < (0,05). Maka dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan strategi STEAM dan Konvensional. Hal ini memberikan dampak positif, terutama terhadap peningkatan literasi sains murid, dan nilai rata-rata yang diperoleh. 5) Berdasarkan hasil uji besaran effect Coh