Abstract:
HUDZAIFAH SYAFURA (11910005), Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Pada Peserta Didik Melalui Media Jarimatika Di Kelas II Mis Handayani Pontianak Utara. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) dapat mendeskripsikan kemampuan menghitung perkalian sebelum diterapkannya Media Jarimatika pada peserta didik kelas II MIS Handayani Pontianak Utara, 2) dapat mendeskripsikan penerapan langkah-langkah Media Jarimatika pada peserta didik kelas II MIS Handayani Pontianak Utara, 3) dapat mendeskripsikan kemampuan menghitung perkalian setelah diterapkannya Media Jarimatika pada peserta didik kelas II MIS Handayani Pontianak Utara, 4) dapat mendeskripsikan peningkatan kemampuan menghitung perkalian setelah diterapkan Media Jarimatika pada peserta didik kelas II MIS Handayani Pontianak Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan objek penelitian yaitu peserta didik kelas II MIS Handayani Pontianak Utara yang berjumlah tujuh belas peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan menghitung peserta didik sebelum menggunakan media jarimatika, kemampuan kesesuaian dengan prinsip matematika dan kemampuan kerapihan hasil rata-rata 1,47 persentase 36,76%, kreativitas rata-rata 1,76 persentase 44,11%, ketepatan waktu mendapatkan rata-rata 2,11 persentase 52,94%, 2) Penerapan langkah-langkah media jarimatika siklus I, kesesuaian dengan prinsip matematika rata-rata 2,47 persentase 61,76%, kreativitas rata-rata 3,35 persentase 83,82%, ketepatan waktu rata-rata 3,64 persentase 91,17%, kerapihan hasil rata-rata 2,52 persentase 63,23%, 3) Kemampuan menghitung peserta didik setelah diterapkan nya media jarimatika, kemampuan kesesuaian dengan prinsip matematika rata-rata 3,58 persentase 89,70%, kemampuan kreativitas rata-rata 3,76 persentase 94,11%, kemampuan ketepatan waktu rata-rata 3,88 persentase 97,05%, dan kemampuan kerapihan hasil rata-rata 3,64 persentase 91,17%, 4) Peningkatan kemampuan menghitung peserta didik setelah diterapkan media jarimatika dari pra siklus ke siklus II, kemampuan kesesuaian prinsip matematika rata-rata 2,11 persentase 52,94%, kemampuan kreativitas rata-rata 2 persentase 50%, kemampuan ketepatan waktu rata-rata 1,77 persentase 44,11%, kemampuan kerapihan hasil rata-rata 2,17 persentase 54,41%.