Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Strategi Think-Talk-Write Pada Pembelajaran Tematik Tema I Kelas III Min 2 Landak Tahun Pelajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Paraswati, Siti Badriyah
dc.date.accessioned 2021-03-19T08:40:04Z
dc.date.available 2021-03-19T08:40:04Z
dc.date.issued 2021-01-02
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/73
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi karena rendahnya kemampuan berbicara siswa. Selama proses pembelajaran siswa kurang antusias dan kurang percaya diri, dikarenakan strategi dan metode yang guru terapkan kurang tepat dalam proses pembelajaran. Sehingga, hal ini mempengaruhi kemampuan berbicara siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dam Mc Taggart yang terdiri dari beberapa tahap yakni : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari data non tes yaitu berupa hasil observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes kemampuan berbicara siswa yang dianalisis menggunakan rumus mean dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa proses meningkatkan kemampuan berbicara melalui strategi think-talk-write. Hasil kemampuan berbicara siswa sebelum menerapkan strategi think-talk-write memperoleh nilai rata-rata 62,56 yakni belum memenuhi nilai KKM 75.00. Jumlah siswa kelas III yang terdiri dari 25 siswa, 8 orang di antaranya yang memperoleh nilai tuntas (32%) dengan kategori sangat kurang. Pelaksanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan berbicara melalui strategi thnk-talk-write, dengan langkah-langkah : 1) Menyajikan materi tentang tema tematik tema 1, 2) Memberi evaluasi terkait tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, 3) Menjelaskan materi tentang ciri-ciri makhluk hidup, 4) Memberi contoh cerita dongeng dari salah satu makhluk hidup menggunakan strategi think-talkwrite, 5) Menjelaskan strategi think-talk-write, 6) Siswa berkelompok dengan berdiskusi bersama team nya dan membaca cerita dongeng yang akan di ceritakan di depan kelas, 7) Menugaskan siswa untuk maju dan menceritakan cerita dongeng yang mereka baca dengan mengembangkan kemampuan berbicara dengan percaya diri dan intonasi yang jelas, 8) Siswa bercerita di depan kelas. Hasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan strategi think-talk-write pada siklus I, nilai rata-rata 72,88 kemudian pada siklus II menjadi 81,92 dengan persentase 52%, Kemudian persentase ketuntasan siswa pada siklus II menjadi 76% dengan kategori baik. Terdapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan strategi think-talk-write pada siswa, rata-rata siswa pra siklus 62,56, menjadi 72,88 pada siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 81,92. Kata kunci : kemampuan berbicara, strategi think-talk-write. en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Berbicara id
dc.subject Think-talk-write en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Strategi Think-Talk-Write Pada Pembelajaran Tematik Tema I Kelas III Min 2 Landak Tahun Pelajaran 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account