PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK TARI MELALUI GERAK DASAR TARI MELAYU KALIMANTAN BARAT DI KELAS IV SDN 23 SUNGAI AMBAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Triwati, Kusmindari
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author KALSUM, UMI
dc.date.accessioned 2025-08-12T08:16:13Z
dc.date.available 2025-08-12T08:16:13Z
dc.date.issued 2025-07-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7399
dc.description.abstract Umi Kalsum, 12110038. Penerapan Model Kooperatif Tipe Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Bela jar Pratek Tari melalui Gerak Dasar Tari Melayu Kalimantan Barat di Kelas IV SDN 23 Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini terbagi menjadi 4 tujuan utama. Pertama, menganalisis hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya model kooperatif tipe tutor sebaya. Kedua, menganalisis langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe tutor sebaya. Ketiga, menganalisis hasil belajar setelah diterapkannya model kooperatif tipe tutor sebaya. Keempat, menganalisis peningkatan hasil belajar praktek tari melalui gerak dasar tari Melayu Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model (PTK) yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart melalui tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 23 Sungai Ambawang. Waktu penelitian pada bulan Mei 2025, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas IV SDN 23 Sungai Ambawang, Objek dalam penelitian ini seni tari. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes praktik, dan dokumentasi dengan instrumen berupa lembar observasi dan penilaian keterampilan gerak dasar tari, uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebelum diterapkannya model, rata-rata nilai peserta didik sebesar 60,33 dan hanya 3 dari 15 siswa (20%) yang mencapai KKM; 2) penerapan model dilakukan dengan membentuk kelompok kecil, memilih tutor sebaya, dan melaksanakan pembelajaran kolaboratif yang difokuskan pada praktik gerak dasar tari; 3) setelah diterapkannya model, nilai rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 66 dengan ketuntasan 53,3%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,33 dengan ketuntasan 86,7%; 4) terdapat peningkatan hasil belajar dari pra- siklus ke siklus II sebesar 16 poin atau sebesar 26,5%, yang menunjukkan bahwa model tutor sebaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar praktek tari peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model tutor sebaya en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Pembelajaran kooperatif en_US
dc.title PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK TARI MELALUI GERAK DASAR TARI MELAYU KALIMANTAN BARAT DI KELAS IV SDN 23 SUNGAI AMBAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account