Abstract:
MIA AGUSTHIA, Pengaruh Implementasi Model Read Answer Discussion Explain and Create (RADEC) dibantu Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 13 Pontianak Barat. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini terbagi menjadi empat tujuan utama. Pertama mendeskripsikan implementasi model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 13 Pontianak Barat. Kedua, memaparkan hasil belajar peserta didik sebelum mengimplementasikan model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 13 Pontianak Barat. Ketiga, menentukan hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 13 Pontianak Barat. Keempat, membuktikan pengaruh implementasi model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SDN 13 Pontianak Barat.
Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 13 Pontianak Barat. Menggunakan sampling jenuh. Teknik dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dengan tes pilihan ganda, teknik observasi dengan pedoman observasi dan teknik dokumentasi dengan dokumen dan foto. Uji validitas dan realibilitas dengan hasil hitung uji validitas pretest 0,73 dan posttest 0,67 dengan kriteria valid. Sedangkan uji reliabilitas pretest 0, 93 > 0,6 dan posttest 0,65 > 0,6 dalam kategori reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan empat hasil penelitian berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan. Pertama, implementasi model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 13 Pontianak Barat dapat terlaksana dengan baik 100%. Kedua, hasil belajar peserta didik sebelum mengimplementasikan model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V memperoleh nilai rata-rata 36. Ketiga, hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V memperoleh nilai rata-rata 82. Keempat, terdapat pengaruh implementasi model RADEC dibantu dengan permainan teka-teki silang terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis dengan nilai sig 0,001 < 0,05. artinya H0 ditolak.