Abstract:
RESTI CAHYANI. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Picture and picture pada Pembelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Model Pembelajaran Picture and picture pada Pembelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya. Berdasarkan rumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perancanaan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Pembelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Pembelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Evaluasi Model Pembelajaran Picture and Picture pada Pembelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk memperoleh data yang berhubungan dengan rumusan masalah. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangualisi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) telah dilakukan 2 tahapan perencanaan yaitu Memahami materi yang akan di ajarkan, menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan media dan sumber belajar, menyusun modul ajar, mempersiapkan strategi penyajian, menyiapkan pertanyaan Lembar Kerja Siswa (LKS), menyiapkan evaluasi dan refleksi, mengelola waktu dan ruang belajar dan Identifikasi karakteristik materi, relevansi dengan tujuan pembelajar, tingkat kesulitan materi, ketersediaan media dan sumber daya, keberagaman dan kinteks materi, kemungkinan interaksi dan analisis peserta didik, mempertimbangan nilai edukatif. 2 ) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model picture and picture pada pembelajaran IPAS materi keanekaragaman suku dan budaya dilakukan dengan mengintegrasikan gambar-gambar terkait budaya ke dalam langkah- langkah pembelajaran dan pelaksanaan ini membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif, visual, dan kontekstual, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi dan terlibat aktif dalam proses belajar. 3) Evaluasi dilakukan dengan latihan menggunakan gambar-gambar, Gambar-gambar yang digunakan sebagai media visual memperkuat pemahaman peserta didik, mengasah keterampilan berbicara, dan memudahkan mereka dalam mengingat dan menyampaikan materi dengan lebih terstruktur.