Abstract:
PUPUT STEFANI, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze Materi bagian tumbuh-tumbuhan kelas IV di SDN 10 Jongkat: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini termasuk penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakkan dalam penelitian ini ialah menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Proses Pengembangan Media Pop Up Book Mixed Maze dalam Materi Bagian Tumbuh-tumbuhan kelas IV di SDN 10 Jongkat Tahun Ajaran 2024/2025 ; 2) Tahap Define pada pengembagan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan untuk Sekolah Dasar; 3) Tahap Design pada pengembagan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan untuk Sekolah Dasar; 4) Tahap Development pada pengembagan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan untuk Sekolah Dasar; 5) Tahap Dessiminate pada pengembagan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan untuk Sekolah Dasar.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Proses Pengembangan Media Pop Up Book Mixed Maze dalam Materi Bagian Tumbuh-tumbuhan kelas IV di SDN 10 Jongkat Tahun Ajaran 2024/2025 Menggunakan Model Pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) berhasil dikembangkan dengan baik; 2) hasil tahapan Define pada pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan di sekolah dasar menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif untuk pemahaman peserta didik; 3) Hasil tahapan Design pada pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan di sekolah dasar menunjukkan bahwa dari rancangan awal media dimulai dari format layout halaman,rancangan isi visual, pemilihan karakter Si biji hingga alur petuangan berbasis Maze; 4) Hasil tahapan Develop pada pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan di sekolah dasar menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada materi bagian tumbuh-tumbuhan di SDN 10 Jongkat; 5) Hasil tahapan Disseminate pada pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Mixed Maze materi bagian tumbuh-tumbuhan di sekolah dasar menunjukkan bahwa hasil angket penyebaran efektivitas media memperoleh nilai sebesar 98,31% untuk kualitas, 97,11% untuk kepraktisan serta 98,27% untuk kepuasan yang dilaksanakan di SDN 18 Jongkat pada peserta didik kelas IV.