Abstract:
ANNISA NURFIKA. Pengaruh Strategi Poster Comment Divariasikan Media Puzzle Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas V di MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi poster comment divariasikan media puzzle terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas V Mapel IPAS MIN 3 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian static-group comparison dengan populasi berjumlah 115 peserta didik dan total sampel menggunakan teknik purposive sampling pada dua kelas yang berjumlah sama, yaitu 76 peserta didik pada kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data aktivitas belajar peserta didik digunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Dengan alat pengumpulan datanya berupa lembar observasi, dan perangkat elektronik. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis statistic destriptif dan analisis statistic inferensial berupa uji Independent sample t test.
Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan umum pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran poster comment yang divariasikan dengan media puzzle berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS di kelas V MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Secara khusus kesimpulannya: Pertama, dari hasil analisis data yang diperoleh, penggunaan strategi pembelajaran poster comment sesuai dengan tahapan pada tingkat kesesuaian 100%. Kedua, dari hasil data, diperoleh nilai rata-rata (mean) untuk kelas kontrol sebesar 22,50 dan kelas eksperimen sebesar 48,05. Ketiga, berdasarkan Uji Independent sample t-test data yang diperoleh, nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran poster comment terhadap aktivitas belajar peserta didik dan pada value terdapat nilai sebesar 0,533 artinya pengaruh penggunaan strategi poster comment terhadap aktivitas belajar bersifat kuat.