Abstract:
Yuyun Khomisah, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Lambang Garuda Pancasila di MIN 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu hasil belajar PPKn terutama materi Lambang Garuda Pancasila masih rendah yang disebabkan kurangnya pemahaman mereka terkait materi yang diajarkan serta media audio visual yang belum pernah digunakan dalam pembelajaran tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar sebelum menggunakan media audio visual di kelas III pada materi Lambang Garuda Pancasila di MIN 1 Pontianak, 2) Hasil Belajar setelah menggunakan media audio visual di kelas III pada materi Lambang Garuda Pancasila di MIN 1 Pontianak, 3) Seberapa besar pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar di Kelas III Pada materi Lambang Garuda Pancasila di MIN 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain control group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas III di di MIN 1 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan analisis berbantuan SPSS versi 27
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum menggunakan media audio visual di kelas III pada materi Lambang Garuda Pancasila di MIN 1 Pontianak tergolong masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretest sebesar 64,54 yang meningkat menjadi 74,09 pada posttest, namun peningkatannya masih tergolong sedang. 2) Hasil Belajar setelah menggunakan media audio visual di kelas III pada materi Lambang Garuda Pancasila di MIN 1 Pontianak menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 63,80 meningkat menjadi 82,85 pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan secara lebih optimal. 3) Berdasarkan besar pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan uji effect size rumus cohen’s d diperoleh bahwa nilai 1.230 yang merupakan kategori tinggi dalam media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik MIN 1 Pontianak.