Abstract:
MASTINA (12110136), Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas IV SDN 14 Pontianak Kota: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memaparkan: apakah ada pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPAS kelas 4 SDN 14 Pontianak Kota. Secara khusus adalah untuk memaparkan: 1) kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran IPAS kelas 4 SDN 14 Pontianak Kota. 2) kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS kelas 4 SDN 14 Pontianak Kota. 3) besar pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas 4 SDN 14 Pontianak Kota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Eksperimen dengan desain true experiment tipe pretest – posttest with control grup-design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDN 14 Pontianak Kota yang terdiri dari kelas IV A dan IV B. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes berupa pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: uji instrumen, Analisis deskriptif, uji hipotesis, serta uji effect size.
Berdasarkan analisis data penelitian ini, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV, yang ditunjukkan melalui hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,003 (< 0,05). Secara khusus dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran IPAS kelas IV A mengalami peningkatan yang relatif kecil, dari rata-rata 61,81 menjadi 65,90. 2) kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS kelas IV B mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu dari nilai rata-rata 51,81 menjadi 75,90 setelah diterapkan model pembelajaran RADEC. 3) besarnya pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV termasuk dalam kategori tinggi yaitu effect size sebesar 0,934. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi.