Abstract:
WINA NURUL AZANI, Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching
and Learning Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 13 Sungai Kakap. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam
Negeri Pontianak. 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kecerdasan visual
spasial peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS dikelas kontrol tanpa
menggunakan model contextual teaching and learning. 2) Mendeskripsikan
kecerdasan visual spasial peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS dikelas
eksperimen dengan menggunakan model contextual teaching and learning. 3)
mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model contextual teaching and
learning terhadap kecerdasan visual spasial peserta didik pada mata pelajaran IPAS
kelas IV kontrol dan eksperimen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi
eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas IVA dan IVB dengan teknik
pengambilan sampel jenuh yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas IV A dan B yang
berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
pengukuran (tes), teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data
yang digunakan yaitu lembar soal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas homogenitas dan uji
hipotesis (uji t-test) dan effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan visual spasial peserta
didik kelas IV SDN 13 Sungai Kakap tanpa menggunakan model contextual
teaching and learning pada mata pelajaran IPAS kelas kontrol terdapat dengan nilai
rata-rata pre-test 68,43 dan nilai rata-rata post-test peserta didik sebesar 71,33. 2)
Kecerdasan visual spasial peserta didik kelas IV SDN 13 Sungai Kakap dengan
menggunakan model contextual teaching and learning pada mata Pelajaran IPAS
kelas eksperimen terdapat nilai rata-rata pre-test 73,33 dan nilai rata-rata post-test
peserta didik sebesar 81,50. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan
model contextual teaching and learning terhadap kecerdasan visual spasial peserta
didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV kontrol dan eksperimen di SDN 13 Sungai
Kakap.