Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul id
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah id
dc.contributor.author Pratami, Vivi Ervina Dewi
dc.date.accessioned 2021-03-19T08:06:06Z
dc.date.available 2021-03-19T08:06:06Z
dc.date.issued 2019-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/70
dc.description.abstract Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Tahun Ajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2018. Penelitian ini disusun untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran dan pembelajaran secara konvensional sehingga berdampak pada aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi. Subjek pada penelitian ini adalah sampel peserta didik kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan yang berjumlah 41 peserta didik. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan lembar observasi. Setelah diperoleh data, kemudian data tersebut diolah dengan uji nonparametrik. Hasil yang diperoleh untuk aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam, peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation memperoleh rata-rata hitung 27,60 dengan persentase sebesar 77% yang termasuk dalam kategori besar. Dan rata-rata hitung aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam peserta didik yang mengikuti pembelajaran secara konvensional yang memperoleh rata-rata hitung 7,05 dengan persentase 20% yang termasuk dalam kategori kecil. Dilihat dari hasil di atas, perhitungan dengan SPSS Statistics17 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Aktivitas Belajar en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran Group Investigation en_US
dc.subject Aktivitas Belajar id
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account