Abstract:
Pengaruh Model Pembelajaran
Group Investigation terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata
Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 09 Tanjung
Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Tahun Ajaran
2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2018.
Penelitian ini disusun untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
dengan penggunaan model pembelajaran dan pembelajaran secara
konvensional sehingga berdampak pada aktivitas belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
group investigation terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata
pelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV SDN 09 Tanjung Merpati
tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu peneliti
tertarik untuk meneliti lebih lanjut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi. Subjek
pada penelitian ini adalah sampel peserta didik kelas IV SDN 09 Tanjung
Merpati Kecamatan Kembayan yang berjumlah 41 peserta didik. Untuk
memperoleh data, peneliti menggunakan lembar observasi. Setelah
diperoleh data, kemudian data tersebut diolah dengan uji nonparametrik.
Hasil yang diperoleh untuk aktivitas belajar peserta didik pada mata
pelajaran IPS materi sumber daya alam, peserta didik yang mengikuti
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation
memperoleh rata-rata hitung 27,60 dengan persentase sebesar 77% yang
termasuk dalam kategori besar. Dan rata-rata hitung aktivitas belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam peserta didik yang
mengikuti pembelajaran secara konvensional yang memperoleh rata-rata
hitung 7,05 dengan persentase 20% yang termasuk dalam kategori kecil.
Dilihat dari hasil di atas, perhitungan dengan SPSS Statistics17 diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh 60%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
model pembelajaran Group Investigation terhadap aktivitas belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV SDN 09
Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau tahun ajaran
2018/2019.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Aktivitas
Belajar