Abstract:
Maisan Maula, Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbantuan Media Sticky Board Terhadap hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Al-Hidayah Sosok Tahun 2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA yang masih rendah, yang disebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terkait materi yang disampaikan dan penggunaan media pembelajaran yang jarang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media sticky board dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Sosok. 2) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media sticky board dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Sosok. 3) Besar pengaruh penggunaan media sticky board terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Sosok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design berupa pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV MI Al-Hidayah Sosok yang berjumlah 44 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Total sampling yang terdiri dari kelas A 23 peserta didik dan kelas B sebanyak 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes yaitu pilihan ganda dan essay (pretest-posttest), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media sticky board dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah sosok tahun 2024/2025 diketahui hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest 48,6 dan posttest sebesar 61,7 dengan kategori rendah. 2) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media sticky board dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah sosok tahun 2024/2025 diketahui hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 50,5 kategori rendah dan rata-rata nilai posttest 86,5 dengan kategori tinggi. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis maka, d = 1,87296416 yang berarti terdapat pengaruh besar yang signifikan dengan menggunakan media sticky board.