Abstract:
UMMY WULANDARI 12110037, Pengaruh Model Snowball Throwing Dengan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 02 Rasau Jaya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikaan: (1) Hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS sebelum menggunakan model Snowball Throwing dengan media smart box di SDN 02 Tahun ajar 2024/2025. (2) Langkah – langkah pengaruh model Snowball Throwing dengan media smart box pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 02 Tahun Ajar 2024/2025. (3) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model Snowball Throwing dengan media smart box pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 02 Tahun Ajar 2024/2025. (4) Sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model Snowball Throwing dengan media smart box mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 02 Tahun Ajar 2024/2025.
Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian eksperiment desain quasi eksperimen berupa nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VA dan VB berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes (pengukuran) dan dokumentasi. Kemudian alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes (soal), lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji statistic non-paramatrik.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS sebelum menggunakan model Snowball Throwing dengan media smart box di SDN 02 Tahun ajar 2024/2025 nilai rata – rata harian sebelum dilaksanakannya penelitian yaitu 58,9 nilai rata - rata pretes yaitu 44,16. (2) Langkah – langkah pengaruh model Snowball Throwing yang dengan media smart box pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 02 Tahun Ajar 2024/2025 adalah pembentukan kelompok, penjelasan materi oleh ketua kelompok, pembuatan pertanyaan, pembuatan bola kertas, menjawab pertanyaan, evaluasi. (3) Sesudah menggunakan model Snowball Throwing dengan media smart box pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 02 Tahun Ajar 2024/2025 terdapat pengaruh yang signifikan. (4) Sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model Snowball Throwing dengan media smart box mata pelajaran IPAS kelas VB di SDN 02 Tahun Ajar 2024/2025 rata – rata harian sebelum dilaksanakannya penelitian yaitu 58,9 nilai rata – rata pretes yaitu 44,16 dan setelah menggunakan model snowball throwing dengan media smart box yaitu rata – rata nilai 72.