Abstract:
Shintia Yunianti, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 06 Pontianak Timur: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kemampuan peserta didik dalam berhitung yang tidak menggunakan model pembelajaran open ended; 2) Mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran open ended; 3) Mengetahui kemampuan peserta didik dalam berhitung yang menggunakan model pembelajaran open ended; 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan beritung peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan control group desgin. Lokasi penelitian di SD Negeri 06 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 52 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis prasyarat dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kemampuan peserta didik dalam berhitung yang tidak menggunakan model pembelajaran open ended yaitu nilai pre-test 77,12 dan nilai post-test 76,92; 2) Berdasarkan hasil observasi, penggunaan model pembelajaran open ended yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 100% seluruh langkah telah dilaksanakan sesuai dengan lembar observasi; 3) Kemampuan peserta didik dalam berhitung yang menggunakan model pembelajaran open ended yaitu nilai pada soal pre-test 81,54 dan nilai post-test 89,23 menunjukan kenaikan nilai pada pre-test dan post-test sebesar 7,69 ; 4) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berhitung peserta didik yaitu sebesar 0,009 < 0,05 dengan menggunakan uji Regresi Linier Sederhana.