Abstract:
YUNI ANJANI. Penerapan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik: Program Studi Pendidikan Guru madrasah ibtidaiyah fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keterampilan berbahasa peserta didik sebelum di terapkan media pop up book di kelas II SDN 67 Sungai Raya. 2) langkah-langkah penerapan media pop up book pada peserta didik kelas II Di SDN 67 Sungai Raya. 3) keterampilan berbahasa peserta didik sesudah diterapkan media pop up book di kelas II Di SDN 67 Sungai Raya. 4) peningkatan keterampilan berbahasa peserta didik kelas II sebelum dan sesudah di terapkan media pop up book di kelas II Di SDN 67 Sungai Raya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di SDN 67 Sungai Raya Kubu Raya dengan sumber data peserta didik kelas II SDN 67 Sungai Raya yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, soal non tes.
Hasil penelitian berdasarkan 1) data awal menunjukkan keterampilan berbahasa siswa sangat rendah, dengan rata-rata nilai membaca 49,4 dan ketuntasan klasikal 29,4% 2) Langkah-langkah penerapan berdasarkan hasil observasi menunjukan bahwa seluruh indikator kegiatan pembelajaran sudah terpenuhi. 3) Penerapan pop-up book dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I, terjdi peningkatan yang belum signifikan dengan nilai rata-rata membaca 57,6 dengan ketuntasan klasikal 44,1%. 4) Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II, dengan perolehan nilai rata-rata membaca 75,4 dengan ketuntasan klasikal 91,2. Hasil ini menyimpulkan bahwa media pop-up book efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 67 Sungai Raya Kubu Raya.Pada siklus I, terjadi sedikit peningkatan. Pada siklus II, peningkatan yang signifikan terlihat, dengan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal yang meningkat tajam di semua aspek.