Abstract:
KHAIRUNNISA. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran IPA
Kelas 3 Di SD Negeri 10 Rasau Jaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini disusun berdasarkan rasa keingin tahuan peneliti terhadap motivasi
belajar peserta didik berdasarkan model pembelajaran Picture and Picture. Sehingga
berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis, Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Kelas 3 Di SD
Negeri 10 Rasau Jaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu
peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil motivasi belajar peserta didik
sebelum menggunakan model pembelajaran Picture and Picture, (2) langkah- langkah
model pembelajaran Picture and Picture, (3) hasil motivasi belajar peserta didik setelah
menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus I dan siklus II, (4) ada
tidaknya peningkatan hasil motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran
Picture and Picture.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Alat pengumpulan data
yaitu lembar soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di
Sekolah Dasar Negeri 10 Rasau Jaya. Sumber data utama adalah guru dan peserta didik
kelas III SDN 10 Rasau Jaya yang berjumlah 20 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil motivasi belajar
peserta didik pada materi kenampakan alam dan buatan sebelum menggunakan model
pembelajaran Picture and Picture adalah rendah dengan rata-rata nilai 57,5%, (2) untuk
meningkatkan hasil motivasi belajar pada peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran Picture and Picture dilakukan 2 siklus, pembelajaran pada siklus-siklus tersebut dapat digambarkan sebagai berikut, (a) memberikan motivasi kepada peserta
didik yang pasif agar lebih aktif dalam menjalani proses pembelajarannya, (b) guru lebih
suportif membimbing sejumlah peserta didik yang kesulitan, (c) guru memberikan
penghargaan atau reward kepada peserta didik yang berhasil secara baik dalam menjalani
proses pembelajaran untuk memotivasi peserta didik lain agar lebih giat lagi belajarnya,
(3) hasil motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Picture
and Picture pada siklus I menunjukkan bahwa setiap peserta didik semakin aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran. Diketahui hasil motivasi belajar siswa pada siklus I
menunjukkan rata-rata nilai sebesar 60%. Hasil tersebut mengalami peningkatan setelah
dilaksanakan penelitian pada siklus II dimana juga menerapkan model pembelajaran
Picture and Picture dan hasil meningkat menjadi rata-rata nilai sebesar 90%.
Sehingga berhasil membuktikan hipotesis bahwa penggunaan model
pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil motivasi belajar peserta didik
dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN 10 Rasau Jaya Kecamatan Rasau Jaya
Kabupaten Kubu Raya.