Abstract:
SALIM (12110013). Pengaruh Model Student Teams-Achievement Division (STAD) Divariasikan Dengan Media Konkret Terhadap Nilai Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 16 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Nilai belajar peserta yang tidak menggunakan Model Student Teams-Achievement Division (STAD) divariasikan dengan media karton pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 16 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025. 2) Langkah-langkah pembelajaran Model Student Teams-Achievement Division (STAD) divariasikan dengan media konkret pada materi pecahan senilai kelas IV SDN 16 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025. 3) Nilai belajar peserta didik yang menggunakan Model Student Teams-Achievement Division (STAD) divariasikan dengan media karton pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 16 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025.. 4) Pengaruh Model Student Teams-Achievement Division (STAD) divariasikan dengan Media Karton terhadap nilai belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 16 Pontianak Timur tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV, sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV A dan kelas IV B masing-masing berjumlah 28. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji instrumen, uji deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai belajar peserta didik yang tidak menggunakan model student teams-achievement division (STAD) divariasikan dengan media karton kelas kontrol masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata pretest 49,00 dan nilai rata-rata posttest 60,96. 2) Langkah-langkah pembelajaran Model Student Teams-Achievement Division (STAD) divariasikan dengan media karton terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan nilai belajar peserta didik. 3) Nilai belajar peserta didik yang menggunakan model student teams-achievement division (STAD) divariasikan dengan media konkret kelas eksperimen adanya peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 45,68 dan nilai rata-rata posttest 72,18. 4)Terdapat pengaruh pada penggunaan model student teams-achievement division (STAD) divariasikan dengan media konkret berdasarkan hasil uji independen sampel tes bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,003 < dari 0,05 maka dapat dinyatakan adanya perbedaan rata-rata antara posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol dengan kata lain, variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.