Abstract:
”Penggunaan Media Picture in the box dan Metode Student
Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keragaman
Suku Bangsa dan Budaya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MIS NU
III Pontianak Barat Tahun 2019/2020”, Skripsi, Pontianak: Program Studi
pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Pontianak tahun 2020.
Tujuan penelitian untuk menggukapkan: 1) Hasil Belajar pada materi keragaman
suku bangsa dan budaya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sebelum
menggunakan Media picture in the box dan Metode student facilitator and explaining
siswa kelas V MIS NU III Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020. 2) Pelaksanaan
pembelajaran pada materi keragaman suku bangsa dan budaya menggunakan Media
picture in the box dan Metode student facilitator and explaining siswa kelas V MIS
NU III Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020. 3) Hasil belajar materi keragaman
suku bangsa dan budaya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sesudah
menggunakan media picture in the box dan metode student facilitator and explaining
siswa kelas V MIS NU III Pontianak Barat tahun pelajaran 2019/2020. 4) Sejauh mana
penggunaan media picture in the box dan metode student facilitator and explaining
dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V MIS NU III Pontianak Barat
tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun tahapan
dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) Perencanaan. 2) Pelaksanaan. 3) Pengamatan.
4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik pengukuran dan teknik observasi langsung. Kemudian dianalisis menggunakan
data kuantitatif Presentase.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar siswa
setelah menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining dan Media Picture
In the box dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial materi keragaman Suku Bangsa dan budaya kelas V MIS NU III
Pontianak Barat terdapat hasil penelitian pada siklus I dengan nilai rata-rata tuntas
sebesar 20,5 dengan presentase sebesar 10% jumlah siswa yang tuntas 15 orang
dengan kategori cukup, kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata tuntas sebesar
76 dengan presentase sebesar 67% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 orang
kategori baik dan remedial nilai rata-rata tuntas sebesar 100 dengan presentase 100%
siswa yang melaksanakan remedial yaitu Abdi Mandala, Elma Tiara, Jalfha Saharani,
Jona Aulia dan Tsary Asyraf dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa
setelah menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining dan Media Picture
In the Box, hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Student Facilitator and Explaining, dan Media
Picture In the Box